Mengatasi Panas Pada Modem TP-LINK TD8817

Bagi pengguna Telkom speedy Paket Family Unlimited dengan menggunakan Modem TP-LINK TD8817 Made in China nomer 1. Namun Kenyataannya komponen yang berada didalamnya memiliki Panas berlebih. Hal itu dapat menimbulkan gangguan pada stabilitas internet yang kita pakai. untuk itu perlu sedikit diberikan dasar pendingin untuk mendinginkan IC yang panas tersebut. disini tidak di jelaskan secara mendetail fungsi2 dari setiap komponen. Namun disini dijelaskan secara singkat dan jelas. Mungkin bagi pengguna speedy awam, merasakan takut sedikit percobaan berikut. Tapi, jangan kuatir. disini penulis jga masih baru dalam pemakaian speedy. namun penulis ambil dari perinsip kerja CPU yang ada di dalam komputer. CPU tersebut memiliki panas berlebihan. namun dengan menggunakan heatsink dan fan, membuat prosesor tersebut menjadi stabil. Berikut cara nya.

Bahan-bahan yang digunakan

  • Plat almunium
  • Solatip (Perekat Plastik) –> jika tidak ada, bebas memakai apa saja, asalkan fan tidak berubah   posisi saat berputar.
  • Fan kecil 12 Volt 0,06 A (Perhatikan hembusan udaranya jika beli, semakin banyak  hembusannya samakin baik)
  • Solder + timah secukupnya
  • Heatsink Compounds (Cairan pelapis heatsink processor dengan permukaan processor)

Tempelkan plat almunium pada IC yang cenderung panas (lihat pada gambar)
Posisikan fan sesuai gambar lalu beri perekat agar tidak bergerak sewaktu fan berputar.

TP-LINK TD-8817yang di lingkari garis putih merupakan IC yang cenderung panas

Power TP-LINK TD-8817Solder kabel fan tersebut. lihat pada gambar untuk lebih jelasnya.

Semoga bermanfaat!!!

13 thoughts on “Mengatasi Panas Pada Modem TP-LINK TD8817”

  1. waduh, ga brani bongkar2, ntar bisa bongkarnya ga bisa masangnya.. wkwkwk, repot urussannya klo gitu.. apalagi kalo salah nyolder.. pake cara konvensional aja, beli kipas angin kecil, wkwkwk..

  2. yach, bongkarnya harus hati2. sangan sampai komponennya ada yang lepas. ataupun bengkok. klo gak berani. minta sama yang berani.😀😀😀

    kalau cara ditempelkan kipas diluar. apakah anginnya keseluruhannya akan masuk dan mendinginkan ICnya. wah, bsa2 klo IC yang paling cepat panas. paling cepat juga jebolnya, karena terlalu panas.😀😀😀

  3. Mau berkembang???…
    Mau dapet banyak ilmu???
    eksperimen adalah guru terbaik….

    mslh rusak/dll…gmpang..
    bnyak tukang service…
    wkwkwkwkwkwk :-):-):-):-):-)

  4. saya memasang kipas nya di luar tapi dekat di lubang udaranya apakah itu bisa mendinginkan, soalnya kipasnya pake dinamo tamiya trus kecepatanya pake yg 9V anginya gede pake kipas bentuk daun……….apakah itu bisa membantu soalnya AQ-MAL takukt klo ngebuka modem soalnya ada segel garansi di lubang untk buka bautnya……….

    1. pengaruh yang di timbulkan sedikit. jika pengisapan panas berada di luar. kalau soal garansi, itu terserah individu masing2. asalkan bisa hati2 membongkarnya.

  5. Kalo ngikutin tata cara diatas, apakah kipasnya mati ngga kalo di matiin modemnya??
    Kalo nggak ngehubungnya lewat mana? biar modem mati, kipas mati… (sayang listriknya)

    Terus saya pake modemnya sama yang di atas, kira-kira 9Volt powernya, bagus yang mana tegangan kipasnya, 5V / 12V?

    Apabila casingnya dipake lagi, apa panas IC nya cukup untuk internet kurang lebih 12 jam? (setelah dipasang fan tentunya)

    Mohon pencerahannya…

    1. 1.klo ngikutin diatas kipasnya akan menyala selama adaptor di colok.
      2. coba tes aja pake multitester. ubah ke pengukuran voltase pada multitester. kabel hitam pada multitester hubungkan ke kaki (-) connector adaptor lihat pada gambar. kabel merah pada multitester hubungkan pada switch modem. jika modem pada keadaan menyala. jarum multitester menunjukkan 9 volt. berarti kabel merah pada fan di hubungkan ke kaki switch tersebut dan kabel hitam pada fan dihubungkan pada connector adaptor pada kaki (-) lihat pada gambar diatas kaki2 kutubnya.
      3. klo bsa cari fan yang tegangannya 9 volt, klo gak dapet pake yang 5 volt. namun harus ditambahkan rangkaian lagi. menggunakan dioda 1N4002 dan IC LM7805, cba searching datasheet kaki2nya harganya paling 3 ribu rupiah.
      4. bisa lebih dari 12 jam. Namun faktor pembuangan panas keluar sedikit ketimbang casing dilepas. mending buat lobang kecil di atas fan. semoga membantu……………………!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  6. Salam kenal, saya mau tanya, modem (TP LINK TD8817) saya hari ini lampu-lampunya mati semua kecuali lampu indikator power sehingga tidak bisa tersambung ke internet. Kejadian awalnya, beberapa hari yang lalu, telepon rumah saya terganggu terus (mati) tetapi modem tetap normal (internet normal). Saya coba tukar-tukar konektor spliter-nya; tetapi masih tetap telepon tidak jalan. Saya coba melepaskan spliter-nya, telepon normal, tetapi begitu disambungkan lagi ke modem, telepon terganggu lagi, tetapi modem normal. Saya ganti dengan spliter yang baru, ternyata tidak ada perubahan. Lalu saya biarkan terpasang terus (baik modem maupun telepon; biarlah telepon terganggu dulu, karena saya perlu internet). Tadi pagi, saya sedang akses internet, beberapa menit kemudian, internet saya terputus; setelah dilihat, lampu modem saya semuanya mati kecuali lampu powernya saja yang menyala. Telepon juga masih mati. Lalu saya lepas modemnya, dipasang langsung tanpa spliter, ternyata masih mati dan terus mati. Sudah saya reset modemnya, tetapi masih mati.
    Pertanyaannya : Apakah modem saya masih bisa diperbaiki lagi ? TERIMA KASIH.

    Aep Wawan Irwan
    http://www.minatpangan.com
    Bandung, Jawa Barat.

  7. mas Abdurrahman Saad, saya mau nanyak, bisa nkg ya kalo pasword spedy paket familiya yang saya pasang di rumah di ubah dengan coneksi internet operator lain misalnya ketika saya lagi berada di tempat yang jauh dari rumah atau di kantor,mohon info dan caranya, terimakasih atas bantuannya,salam

Leave a Reply

