Cara Memasukkan Program ke Mikrokontroler ATMEGA8535

ATMEGA8535

Beragam jenis IC Mikrokontroler, namun menurut saya untuk sekarang ini. Mikrokontroler keluarga AVR ini yang mudah untuk di program. Dalam Mikrokontroler ATMEGA 8535 lumayan banyak feature. Secara singkat Terdapat EEProm, Comparator, ADC, Pulse PWM dll. Mungkin Untuk orang awam, Aneh. kok bisa IC dimasukkan Program. Karena yang paling sering program hanya dibuat oleh komputer dan digunakan oleh komputer itu juga. ada dua bahasa dalam program untuk keluarga AVR (setahu saya :D) diantaranya Bahasa C, Assembler. Namun lebih mudah bahasa c, ketimbang assembler. karna bahasa c merupakan bahasa (high level language) sedangkan assembler (low Level language). Berikut Apa aja yang dibutuhkan untuk memprogram IC mikrokontroler. Namun, penulis disini menggunakan product yang sudah jadi dari Innovative Elektronik.

Bahan-bahan

– DT-AVR LC MS_RED

DT-AVR LC MS_RED

– DT-HiQ AVR ISP

DT-HiQ AVR ISP

– CodevisionAVR

CVAVR

– Baterai Kotak

Baterai Kotak

Langkah-langkahnya

1 Install CodeVisionAVR pada komputer

2 Buka Project baru kemudian pilih file >> Generate, save and exit

3 Pada menu atas CodeVisionAVR Pilih Project >> Configure

Configure

4 klik After Make beri centang Program the Chip dan klik Ok

After Make

5 Pada menu atas CodeVisionAVR pilih Settings >> Programmer

Programmer

6 pada AVR Chip Programmer Type ubah menjadi Kanda Systems STK200+/300 lalu Klik Ok

Programmer Settings

7 Tekan pada keyboard Shift + F9 lalu Klik Program

Program the Chip

Selamat mencoba !!!!

41 thoughts on “Cara Memasukkan Program ke Mikrokontroler ATMEGA8535”

  1. boleh saya minta listing program untuk AT89s52 ….
    saya menggunakan AT89s52 untuk di sambungkan ke sensor ping…
    terima kasih sebelumnya…….

  2. saya pengen membuat alat deteksi jarak dengan sensor ping,lcd2x16 dan Mc Atmega8535
    saya minta programnya menggunakan codevision donk coz saya belum begitu paham bahasa pemrograman C kirim ke email saya ya
    terima kasih.

  3. type IC itu banyak ya??

    soal’a saya mau buat alat, belum tau cara’a
    [dari masukin program ke IC, buat program’a kaya gimana]
    dan bingung harus pake IC apa?
    program’a kaya gimana ..

    tolong ya mas please ajari kasih tau.
    kalo perlu saya privet

    1. Type IC mikrokontroler itu banyak. pi, untuk posting ini yang digunakan mikrokontroler seri atmel avr atmega8535 dan codevision untuk pembuatan program dan memasukkan program ke mikrokontroler.
      private?? klo itung2annya ok. boleh….

  4. gan ane mau tanya untuk satu alat untuk memasukan data itu kira” harganya berapa yah gan? ane newbie gan jadi ga tau nama alatnya…..

  5. gan mw nanya neh…pengcekan awal untuk dt-avr lcms yang serial hrsnya brwrna hijau dan dinyatakan succses..k-lo seandainya failed, apa ada kerusakan pada dt-avr nya..???kemudian untuk memprogram mikronya harus pke dt-high avr ya????mhun pencerahannya…..

  6. ryu :

    gan mw nanya neh…pengcekan awal untuk dt-avr lcms yang serial hrsnya brwrna hijau dan dinyatakan succses..k-lo seandainya failed, apa ada kerusakan pada dt-avr nya..???kemudian untuk memprogram mikronya harus pke dt-high avr ya????mhun pencerahannya…..

    mungkin daya tegangan kurang. atau settingan komunikasi serialnya tidak sesuai buku petunjuknya.

    1. klo AT89sxx pake read51 menggunakan port Paralel memasukannya. klo pake AVR pake AVR studio atau codeVisionAVR menggunakan port USB/Paralel

  7. om, saia mw tw .. alat yg di gunakan untuk memasukkan program ke mikrokontroler itu alat apa ya om ?? 😀

  8. gan kok pada coding seven segmen ada eror pada line 33 apa penyebabnya gan??
    aku nyobanya di proteus

  9. ada jual d mna om alat DT-AVRLCMS_RED..aq mw pke itu,,,
    aq blum coba itu..kasi tau aq donk..plisss
    aq tunggu d email q om

  10. saya juga beli produk innovative ini, ketika dilakukan test hasilnya fail…saya pake port serial rj11, kalo untuk download program ke atmega8535nya apakah harus pake ISP converter/ bisa pake rj11? mohon pencerahannya..trims

  11. Mau nanya, nama alat untuk upload program dari komputer ke microkontroler namanya apa ya? soalnya saya baru masih newbie……dan rencana mau beli…..

Leave a comment